Senin, 10 Oktober 2011

“Tips LEBAY Merawat Komputer”


Dari beberapa pengalaman gw yang secara tidak sengaja menekuni dunia komputer sejak duduk di bangku TK (Taman Kuntilanak.red), yang saat itu gw ngambiL Jurusan Tekhnik Reproduksi Komputer dan Lulus dengan predikat cumlaude.!!

Sehingga gw cukup banyak mengetahui seluk beluk, lika liku, apa aja tentang komputer. SECARA, dibandingkan dengan teman-teman seumuran gw lainnya, seperti: Thomas Alfa Edison (Kang Ison), Adam Smith (Mang Adam), serta ALbert Einstein (Om Ebet), gw sudah lebih dulu menelan asam jawa eh.. asam garam didalam menangani berbagai kasus yang diderita komputer, dan sering terjadi pada jaman sekarang ini, jadi kemampuan gw sudah pasti jauh lebih teruji dan terakreditasi A dobel ples di bidang ini dibanding dengan temen-temen gw ituh. hahaha. (ketawa setan)

Oleh karena ituh... saat ini komputer udah gw ibaratkan sebagai istri kedua gw setelah kulkas, dan udah banyak banget pengalaman yang gw lalui bersama komputer, dari kesetrum kabel monitor, kejepit casing CPU, kecolok pipet keyboard, hingga pergi berlibur ke bali bersama hard disk selama dua minggu... menjadikan hubungan emosional yang terjalin antara gw dengan komputer semakin erat dan terasa berat.... (Lebay)

Jadi, sebelum omongan NORAK gw makin gak jelas, Langsung aja gw jeLasin tips 'Cara Merawat Komputer' agar tidak rusak termakan usia, atau termakan nenek karena dikira 'kue tar',, ih..wew.!!

1.      Hal pertama sebelum melakukan perawatan terhadap komputer adalah, gunakan PENGAMAN STANDAR yang lazim digunakan, seperti helem berlabel SNI (full face lebih baik), kacamata hitam, sarung tangan anti gores, masker, serta jaket kulit tahan api. Kegunaan pengaman tersebut adalah untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga dan tiba-tiba terjadi.

Kegunaan: helem dapat berfungsi menahan benturan keras saat ketimpah genteng di waktu kita sedang bermain computer. Sarung tangan berfungsi melindungi kulit dari berhubungan langsung dengan komputer yang sering konslet dan mengeluarkan aliran listrik tiba-tiba. Masker dapat mencegah kita dari menghirup asap beracun yang sering dikeluarkan komputer jika dalam jangka lima hari komputer dinyalakan tanpa henti.

Kacamata hitam dan jaket kulit dapat menjadi perlindungan terakhir untuk kita, ketika komputer meleduk secara FRONTAL saat gak sengaja tersiram bensin atau sejenis bahan bakar lainnya, maka, percayalah.. dengan kegunaan pengaman yang ada.. (jangan diabaikan, ini serius.)!!

2.      Hidupkan komputer dengan menekan tomboL "POWER", mungkin kelihatannya ini sangat mudah bahkan sering disepelekan oleh masyarakat awam yang kurang faham tentang tabiat komputer yang ia miliki, tetapi.. sesungguhnya hal ini sangatlah fatal apabila tidak dilakukan dengan amat sangat hati-hati serta penuh dengan keseriusan, ketekunan serta ketelitian.!! Bisa dibayangkan apabila kita salah menekan tombol power dengan menekan bisul bokap yang ada di pantat, atau menekan bell rumah orang yang gak kita kenal, atau bahkan menekan stop kontak yang dialiri listrik.!

Sungguh itu merupakan kecelakaan yang dapat mengancam jiwa kita, minimal patah tulang pipi, remuk pergelangan tangan atau mutung kesetrum listrik. Oleh sebab ituh, ingatlah.. jangan sampai salah menekan tomboL, 5 menit untuk 5 jam kehidupan kita. Gunakanlah kesempatan menekan tombol dengan penuh perhitungan. Lebih cepat Lebih baik. yeah.!!

3.      Agar komputer yang kita punya dapat selalu menunjukan performa terbaiknya, sering-seringlah mengUPDATE ANTIVIRUS yang ada pada perangkat komputer tiap minggunya secara rutin. Mengingat saat ini banyak terjadi wabah virus-virus berlevel internasional seperti flu babi, cikungunyah, flu burung, yang bukan hanya berbahaya bagi umat manusia, juga sangat mengancam kehidupan komputer yang ada di rumah kita.!

Banyak kasus yang sering terjadi seperti: komputer mati tiba-tiba pada saat mati lampu, mouse tidak dapat berfungsi ketika kabel mouse gak sengaja tergunting, atau bahkan komputer tidak bisa menyala pada waktu kita lupa menyambungkan kabel power ke stop kontak. Sebelum hal itu terjadi pada komputer kita, atau ketika hal itu sudah terjadi dan kita tidak ingin mengulanginya lagi, sebaiknya rajin-rajinlah mengupdate antivirus yang ada. Percayalah.!

4.      Matikan komputer dengan menggunakan Shut Down, caranya dengan meng klik 'start' lalu klik 'shut down', maka dengan sendirinya komputer kita akan mati secara otomatis. Jangan pernah mematikan komputer dengan menyiramnya menggunakan air, ingat komputer bukan kompor.! atau dengan skil copet yang ada langsung mencabut kabel power dari stop kontak apa lagi dengan langsung memotongnya memakai pisau dapur, karena dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita, terlebih oleh tetangga kita (sudah dibuktikan oleh gw sendiri).


Baiklah, dari pemaparan gw yang lebay, sehingga menghasilkan uraian-uraian yang panjang dan lebar sehingga menjadi luas, serta menjadi rumit dan sulit untuk diikuti orang awam pada umumnya. Yang sebenarnya hanya berisi hidupkan komputer dengan tombol power, sering-sering melakukan update anti virus, dan mematikan komputer dengan shut down. Gak tau dah kenapa bisa jadi panjang kayak begonoh, hahaha. (ketawa demit)

Tetapi yang pasti adalah, semuanya dihasilkan dari berbagai penelitian-penelitian gw sendiri yang memakan waktu cukup panjang, kira-kira sekitar 2 jam 32 menit, serta percobaan-percobaan hingga pengalaman-pengalaman dodol gw pribadi yang masih sering terjadi dan kadang masih dapat terlihat oleh mata orang-orang yang berada di dekat gw saat ini, seperti numpahin teh ke monitor, buang UPIL ke keyboard, atau memotong kabel mouse dengan sendok. Intinya segala prilaku iseng-iseng berhadiah itu jangan ditiru di rumah. (titik)

Ingat, komputer rusak bukan hanya terjadi karena ke'DODOL'an manusia saja, tapi juga karena niat dari komputer itu sendiri... Waspadalah... Waspadalah.....

Selamat mencoba.... Semoga sukses.....

Sekian dan terima kasih...... wasalam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar